INTERAKSI
ELEKTRONIS
Akhir-akhir, kita cenderung Makin akrab dengan
istilah-istilah yang berhubungan dengan interaksi elektronis yang berawalan
huruf “E” seperti E-Comerce, E-bisnis, E-Banking, E-Government, E-store,
E-tailing, E-Market, dsb
1. E-Business
Model
E-business merupakan suatu pendekatan untuk memandu bisnis elektronik melalui
sebuah perusahaan yang dapat bertahan dan menghasilkan perkembangan yang
menguntungkan.
Beberapa
model yang ada dalam e-business untuk mendefinisikan aspek-aspek e-business
yaitu:
a. Brokerage
Model(saham). Broker atau penanam saham adalah pembuat pasar9market-makers),
mereka membawa para pembeli dan penjual secara bersamaan dan memudahkan
transaksi-transaksi yang dilakukan. Para broker memainkan bagian yang paling
sering digunakan dalam pasar business to business(B2B), business to
customer(B2C), dan customer to customer(C2C)
Model dari brokeragemeliputi:
·
Market place exchange : menawarkan ruang
pelayanan untuk menutupi proses transaksi, dari penaksiran harga pasar hingga
negosiasi dan kesepakatannya contoh orbitz, chemconnect.
·
Buy/Sell fulfillment:membuat pelanggan
membeli atau menjual sebuah produk atau jasa, termasuk harga dan pengirimannya
contoh respond.com, carsdirect.
·
Demand collection system merupakan model
dengan nama paten “price your price” yang dipelopori oleh pricelin.com, pembeli
yang prospektif membuat tawaran terakhir untuk menspesifikasi produk atau jasa,
dan broker yang memenuhi
·
Auction Broker: memimpin para pelanggan
untuk para penjual contoh :ebay
·
Transaction Broker : menyediakan
mekanisme pembayaran kepada pihak ketiga contoh : paypal, Alertpay
·
Distributor : operasi catalog yang
menghubungkan sejumlah besar produk jadi sesuai keinginan pembeli
·
Search agent : sebuah agent software
yang digunakan untuk mencari harga dan beberapa banyak produk yang dibutuhkan.
Contoh : MySimon
·
Virtualmarketplace : sebuah mall virtual
contoh Amazon.com
untuk selengkapnya disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar